Tuesday, June 19, 2012

Manfaat Baby Spa

Baby Spa
Kita sudah sering mendengar mengenai baby spa. Saat ini perawatan dengan metode spa cukup digemari oleh orang tua yang memiliki bayi. Perawatan ini memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi selain menjaga kesehatannya.

Baby spa mencakup perawatan kebugaran bayi (baby gym) dan pelayanan pijat bayi (baby massage). Perawatan spa yang merupakan terapi kesehatan untuk bayi menjadi manfaat utamanya. Terutama untuk stimulasi otot, peredaran darah, saraf juga perkembangan gerak bayi. Selain itu manfaat lain baby spa adalah bisa mendeteksi kelainan pada tubuh bayi sejak dini. Spa bisa ‘memperbaiki’ tubuh bayi sekaligus memberikan relaksasi yang nyaman bagi tubuhnya.


Tahapan spa untuk bayi tidak jauh berbeda dengan spa untuk orang dewasa. Hanya porsi dan fungsinya saja yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Perawatan kebugaran bayi biasanya terdiri dari berenang dan berendam. Berenang bisa melatih gerakan motoriknya karena semua kaki dan tangan akan beregerak. Selain itu berenang juga bisa menghindarkan bayi dari gangguan pernafasan. Pada saat berendam bayi akan merasakan relaksasi. Pada umumnya anak-anak pada usia ini mempunyai tingkat stress yang cukup tinggi. Perlu diingat saat melatih bayi Anda berenang atau berendam, selalu gunakan air yang tidak terlalu panas. Air panas bisa menyebabkan pembuluh darah perifer melebar dan akan mengurangi aliran darah ke jantung.

Pijatan pada bayi sangat bermanfaat untuk relaksasi. Selain itu pijatan juga dapat membantu memperbaiki pencernaan. Masalah pencernaan sering terjadi pada bayi terutama pada masa menyusui. Dengan memberikan pijatan pada bayi, masalah pencernaan atau sering disebut kolik atau kembung dapat teratasi karena usus bayi akan bekerja dengan baik saat mencerna.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa berat badan bayi yang terlahir prematur bisa naik hingga 47% setelah menjalani terapi pijat selama sepuluh hari sebanyak 3 kali sehari masing-masing selama 15 menit. Stimulasi pijat akan merangsang syaraf vagus pada otak yang akan melepaskan sekresi hormone penyerap makanan termasuk insulin. Selain itu, pijatan juga melepaskan zat yang mirip dengan serotonin, yaitu neurotransmitter. Zat ini diketahui bisa mengatasi rasa sakit serta menurunkan hormon stres.

Baby spa juga bisa meningkatkan kualitas tidur bayi. Perawatan ini juga merangsang otak bayi untuk merasakan dan mulai mengenali sentuhan ibunya. Hubungan emosi antara ibu dan bayi juga bisa terbangun dengan baik dengan memberikan pijatan. Anda bisa menggunakan aromaterapi yang baunya tidak terlalu tajam, hal ini juga bisa membantu melatih penciuman bayi. Komunikasi verbal yang dibangun lewat cerita atau nyanyian juga membantu melatih pendengaran bayi. Perawatan pijat adalah perawatan menyeluruh yang menstimulasi semua organ tubuhnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment